Background

Ruangan Data Center

Data Center merupakan ruangan penginstalasi sistem yang dimana terdapat unit hardware dan software yang menjadi ruangan peyimpanan data dan program support untuk keperlua  user atau pengguna.
pada data center terdapat terdapat sistem-sistem berikut :
1. PC Destop yang di pakai untuk menyimpan data komunikasi, data pengguna, data konsumen dan juga data perograming, tergantung pada penggunaan data center itu sendri.
2. monitor keamanan, CCTV merupakan video pengamat yang digunakan untuk mengawasi bahwa ruangan data center tidak sembarang orang dapat mengaksesnya, hal ini bertujuan untuk menjaga baik software atau hardware agar tidak hilang atau rusak.
3. sistem keamanan kebakaran, hal ini bertujuan untuk menjaga jika terjadi pengapian baik di segaja atau tidak, data masih bisa di akses
4. sistem pendingin (AC) hal ini bertujuan untuk menjaga PC atau sistem elektronik tidak pada suhu melebihi yang diingikan, karena kondisi pc atau sistem elektronik harus aktif 1x24 jam.
5. Jalur Pengkabelan, bertujuan untuk menposisikan kabel pada sistem, tidak pada tempat sembarang sehingga kabel pada posisi yang teratur, untuk menjaga dari hama, kebakaran, terinjak dan kabel akan terlihat rapi.
6. rack power, pada dasarnya rack power seringkali memiliki ruangan atau tempat tersendri, hal itu dilakukan untuk mengurangi noise atau ganguan sinyal yang dihasilkan dari tengangan tinggi. namun ada beberapa penggunaan mengunakan rack power pada ruangan data center, hal ini dilakukan bertujuan untuk mempermudah akses jika terjadi ganguan listrik maka dapat di non-aktifkan secara langsung.
Beberpa contoh ruangan Data center yang ada misalnya, pada perushaan telekomunikasi, ruangan data center sangat di gunakan, hal ini terapkan bertujuan untuk melindungi data - data nasabah, begitu juga pada perushaan perbankkan.

Leave a Reply